Visi Misi

VISI

Terwujudnya Profesionalisme, Loyalitas dan Militansi Satuan Khusus TNI sebagai Kekuatan yang mampu diproyeksikan secara global.

MISI

  • Menyiapkan kemampuan dan membangun kekuatan penyelenggaraan operasi khusus di dalam maupun di luar wilayah NKRI
  • Berperan serta sebagai kekuatan penangkal, penindak dan pemulih dalam menciptakan keamanan regional dan global.

TUGAS

Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus terhadap sasaran strategis terpilih dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI. 

FUNGSI

  • Penangkal.          Kekuatan Koopssus TNI harus mampu mewujudkan daya tangkal terhadap ancaman yang bersifat khusus, kekuatan dan kemampuan secara nyata berdampak psikologis dan diperhitungkan lawan sehingga mengurungkan dan mencegah niat lawan untuk melakukan aksinya.
  • Penindak.            Kekuatan Koopssus TNI mampu digerakkan dalam melaksanakan penindakan terhadap lawan dengan tingkat keberhasilan tinggi berdasarkan tugas khusus dan strategis terpilih yang diberikan oleh Panglima; dan
  • Pemulih.              Kekuatan Koopssus TNI mampu untuk memulihkan keadaan baik secara psikis maupun fisik terhadap dampak yang ditimbulkan oleh lawan setelah penindakan dilaksanakan.